10 Tahun Medco Foundation

Bulan ini, dalam semarak merdeka, Medco Foundation genap berusia satu dasawarsa. Berikut warna-warni perjalanan 10 tahun Medco Foundation dalam bidikan lensa.


Selama sepuluh tahun perjalanan Medco Foundation, olahraga menjadi salah satu kegiatan yang kami dukung. Liga Medco U-15 merupakan kegiatan olahraga tingkat nasional yang pernah diadakan Medco Foundation untuk menumbuhkan bibit-bibit pemain sepak bola berbakat di Indonesia. Beberapa alumni Liga Medco U-15 pernah membela tim nasional Indonesia.


Masalah lingkungan menjadi kepedulian bagi Medco Foundation. Dalam rangka membantu mempopulerkan pola bercocok tanam padi yang sehat bagi lingkungan, Medco Foundation mendukung pengembangan budi daya padi dengan sistem SRI Organik. Budi daya padi dengan sistem ini saat ini telah berkembang di berbagai daerah di Indonesia.


Semenjak berdiri, Medco Foundation telah melakukan berbagai kegiatan di bidang kesehatan. Layanan kesehatan untuk masyarakat berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan. Di beberapa daerah, Medco Foundation melakukan kegiatan layanan kesehatan, terutama di daerah yang terkena dampak bencana alam.


Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kegiatan budi daya ternak domba dilakukan Medco Foundation di berbagai lokasi. Medco Foundation pernah melakukan kegiatan livestock revolving project di Yogyakarta. Medco Foundation juga mendukung kegiatan Program Domba Nasional (Prodombas) yang digagas founder Medco Foundation, Arifin Panigoro, bersama Majelis Ulama Indonesia. Kegiatan Prodombas dilakukan di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten.


Perpustakaan Desa Wukirsari dibangun Medco Foundation bersama Bank Mandiri pada 2012. Berbagai kegiatan penguatan literasi –yang berpusat di Perpustakaan Desa Wukirsari– telah dilakukan Medco Foundation di wilayah yang dahulu terdampak bencana gempa tersebut. Perpustakaan Desa Wukirsari difungsikan sebagai centre of knowledge oleh masyarakat setempat dan tercatat sebagai perpustakaan desa terbaik di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


GreenPOTS adalah program perbaikan kualitas lingkungan Ruang Terbuka Hijau (RTH), khususnya RTH privat, yang dilakukan Medco Foundation di daerah pemukiman padat dan sekolah di wilayah perkotaan. Untuk GreenPOTS sekolah dilaksanakan di Sekolah Avicenna yang pernah dikelola Medco Foundation hingga 2014. Bentuk program GreenPOTS antara lain adalah penanaman tumbuhan dalam pot-pot agar tercipta ruangan hijau di suatu lingkungan yang terbatas ruangnya. Beberapa pelatihan hidroponik sebagai salah satu kegiatan GreenPOTS juga dilakukan Medco Foundation untuk menyebarluaskan gagasan penghijauan di RTH privat.


Tali Asuh merupakan kegiatan yang digagas dan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kreativitas dan pengetahuan anak-anak asuh Medco Foundation, serta dalam rangka mengurangi angka putus sekolah di wilayah-wilayah sekitar Jakarta sehingga mereka tidak terjerumus menjadi anak jalanan di kota-kota besar. Medco Foundation mengadakan kegiatan Tali Asuh di berbagai desa di Jawa Barat.


Medco Foundation selalu aktif dalam kegiatan penguatan literasi. Di antara kegiatan penguatan literasi yang kami lakukan adalah Tebar Inspirasi. Kegiatan ini adalah kegiatan untuk mendekatkan akses bacaan kepada masyarakat di mana Medco Foundation membawa perpustakaan bergerak Gerai Pustaka. Selain menyediakan bacaan-bacaan menarik dan mendidik, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai kegiatan lain seperti game edukatif, storytelling, workshop, dan percobaan ilmu pengetahuan alam.


Dalam rangka berbagi pengetahuan dan pengalaman inspiratif mengenai kepemimpinan, Medco Foundation mengadakan kegiatan Meet the Leader. Ini adalah kegiatan knowledge sharing dengan mendatangkan pemimpin- pemimpin berbagai organisasi baik organisasi pemerintahan, swasta, dan lain-lain. Salah satu tokoh yang pernah menjadi pembicara dalam kegiatan Meet the Leader adalah Suyoto atau dikenal dengan Kang Yoto yang menjabat Bupati Bojonegoro dan meraih berbagai penghargaan nasional sebagai pemimpin daerah berprestasi.


Penerbitan dan publikasi buku menjadi salah satu kegiatan yang selalu dilakukan Medco Foundation. Beberapa buku yang pernah diterbitkan Medco Foundation antara lain adalah Laga Si Rangkas, Petualangan Mengenal Energi, Berbisnis Itu (Tidak) Mudah, Revolusi Energi, Tak Henti Berbagi, Melintas Waktu, hingga Jejak Kami di Wukirsari.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *