2017, Donor di Ampera Sumbang 349 Kantong Darah

DONOR darah yang diselenggarakan Medco Foundation sepanjang tahun 2017 berhasil menyumbangkan 349 kantong darah. Rangkaian kegiatan yang didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta ini ditutup dengan donor darah tahap keempat di perkantoran Medco Building Ampera Raya, Jakarta Selatan, pada Rabu, 18 Oktober 2017.

Dari 114 calon donor yang mendaftar pada Rabu, petugas dari PMI berhasil mengumpulkan 92 kantong darah. Jumlah ini meningkat empat kantong dari periode sebelumnya, Juli dan April, yang masing-masing menyumbang 88 kantong darah. Sementara pada tahap pertama, Januari silam, panitia mengumpulkan 81 kantong darah.

Berdasarkan laporan panitia pelaksana dan catatan milik PMI, kegiatan donor darah yang diselenggarakan Medco Foundation rata-rata mampu menyaring 115 calon donor di setiap tahap, yang diselenggarakan dalam interval tiga bulan sejak tahun 2014.

Per tahap, kegiatan donor darah mampu menyumbang rata-rata 85 kantong darah. Dari jumlah itu, sekitar 90 persen kantong darah disumbangkan oleh donor yang berasal dari para karyawan Medco Group.

“Sisanya 10 persen donor lain berasal dari warga sekitar perkantoran Medco dan mitra-mitra yang kita undang khusus, misalnya para praja Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN),” ujar Andi Irawan, Initiative Program Officer Medco Foundation.

Menurut Andi, kegiatan donor darah Medco Foundation berikutnya akan diselenggarakan pada awal tahun 2018, dengan target melibatkan lebih banyak calon donor dan menghasilkan lebih banyak darah untuk disumbangkan ke PMI.

“Kami mengajak warga Jakarta, khususnya masyarakat di sekitar, untuk menyumbangkan darahnya demi membantu sesama. Ini bisa dilakukan melalui event-event donor darah yang kami selenggarakan, atau mendatangi unit transfusi darah terdekat,” kata Andi. [INS]

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *