Anak-Anak Peduli Lingkungan

Kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perlu dibagikan kepada anak-anak sejak usia dini. Selain keluarga, sekolah menjadi lembaga penting lain untuk membagi kesadaran tersebut. Semangat inilah yang mendasari Sekolah Dasar (SD) Avicenna Jagakarsa, bekerja sama dengan Medco Foundation, mengadakan kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan”.

Bagi SD Avicenna Jagakarsa, kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan” merupakan bagian dari pelaksanaan misi sekolah tersebut, yaitu untuk membentuk makhluk sosial yang peduli terhadap kebangsaan dan pelestarian lingkungan. Demikian juga bagi Medco Foundation. Organisasi sosial ini mempunyai misi dan kegiatan-kegiatan di bidang lingkungan untuk masyarakat.

gp02B

Salah satu bagian dalam kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan” adalah pengenalan dan pengajaran bagi siswa untuk menanam tanaman dalam pot. Tim Green Pots Medco Foundation dan para guru SD Avicenna melatih para siswa untuk mengenal berbagai media tanam, metode menanam dalam pot, menyemai benih, penanaman benih dalam pot, perawatan tanaman, pemupukan tanaman, hingga cara memanen tanaman. Para siswa yang mengikuti kegiatan ini dibekali dengan buku Lembar Kerja Siswa untuk mencatat dan memonitor perkembangan tanaman semenjak benih ditabur hingga tiba masa panen.

Tercatat jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 104 siswa. Mereka merupakan siswa kelas 4 dan kelas 5 SD Avicenna Jagakarsa. Untuk siswa kelas 4 mereka menanam tanaman sawi. Sedangkan untuk kelas 5 menanam tanaman kangkung dalam pot dengan metode hidroponik. Rangkaian kegiatan “Avicenna Peduli Lingkungan” yang dimulai sejak 30 Oktober 2014 ini dipamerkan kepada para orang tua murid dalam acara “Workshop SD Avicennba Jagakarsa”, 13 Desember 2014 lalu. Berbagai dokumentasi tentang kegiatan para siswa dalam “Avicenna Peduli Lingkungan” disajikan. Anak-anak juga saling unjuk kreativitas dalam lomba membuat poster bertema lingkungan. Para siswa dan guru pembimbing pun mendapat banyak apresiasi dari para orang tua murid melalui lembaran testimoni yang disediakan. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.