Bantuan Mesin Cuci Infeksius untuk RSUD Al Ihsan Bandung

Belum ditemukannya vaksin Covid-19 membuat semua pihak harus terus bekerja keras memerangi wabah ini. Tidak hanya pemerintah, peran swasta juga diharapkan semakin meningkat dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19. Di Jawa Barat, salah satu dukungan pihak swasta diberikan Medco Foundation yang membantu RSUD Al Ihsan Bandung. Bentuk dukungan ini adalah pemberian bantuan mesin cuci infeksius untuk rumah sakit kelas B milik Pemerintah Provinisi Jawa Barat itu. Bertempat di Gedung G RSUD Al Ihsan Bandung, kegiatan serah terima bantuan ini dilakukan pada Kamis (6/8/20). 

Direktur RS Al Ihsan, dr Dewi Basmala, MARS, menyatakan bahwa rumah sakitnya memang membutuhkan banyak bantuan dan dukungan dari berbagai pihak di masa pandemi ini. “Termasuk kebutuhan untuk pencucian linen (laundry) kami karena di masa pandemi ini tidak boleh disatukan antara linen dari pasien Covid-19 dengan pasien lain. Produksi linen kami setiap hari bisa 500 kg, sementara ada satu mesin cuci infeksius kami yang rusak sehingga kami sempat kewalahan. Jadi bantuan seperti saat berguna bagi kami,” ujar dr. Dewi. 

Dr. Dewi melanjutkan bahwa sebagai rumah sakit milik pemerintah, RSUD Al Ihsan harus siap untuk menangani pasien Covid-19. Para pasien, menurutnya, biasanya juga akan berpikir untuk mendatangi rumah-rumah sakit pemerintah yang memang telah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan. “Jadi mau gak mau kita harus siap. Di samping itu kita juga harus memikirkan pengembangan kapasitas rumah sakit sendiri agar bisa menangani semua pasien,” lanjutnya.

RSUD Al Ihsan menjadi salah satu rumah sakit penting di Jawa Barat dalam memerangi wabah Covid-19. Rumah sakit berkapasitas 360 tempat tidur ini telah menangani pasien-pasien Covid-19 sejak wabah merebah. Sebagai antisipasi, menurut dr. Dewi, pihaknya juga merencanakan pengembangan kapasitas hingga 500 tempat tidur dalam waktu dekat dari target hingga 1000 kapasitas tempat tidur.    

Sementara pihak Medco Foundation mengungkapkan bahwa bantuan mesin cuci infeksius untuk RSUD Al Ihsan Bandung merupakan bagian dari Program Bersatu Lawan Covid-19 yang sudah dilaksanakan sejak Maret 2020. Mesin cuci infeksius kapasitas 28 kg tersebut, beserta pondasi dan instalasinya, sudah terpasang dan diujicoba rumah sakit ini sejak akhir Juli 2020. Selain bantuan mesin cuci infeksius, dalam kesempatan ini Medco Foundation juga menyerahkan bantuan baju hazmat untuk RSUD Al Ihsan. “Kami berkomitmen membantu pemerintah dan institusi kesehatan yang berjuang mengatasi wabah ini. Beberapa rumah sakit lain juga kami bantu dalam program tersebut mengingat skala dan dampak wabah ini sangat luas. Kami bantu semampunya,” kata Rendra Permana, Head of Program Medco Foundation. 

Medco Foundation tercatat pernah membantu Pusat Kanker Nasional RS Dharmais di Jakarta dalam bentuk pembangunan laboratorium dengan fasilitas swap test PCR. Selain untuk RSUD Al Ihsan Bandung, bantuan dalam bentuk mesin cuci infeksius juga pernah diberikan Medco Foundation kepada RS Nasional dr. Cipto Mangunkoesoemo di Jakarta. Berbagai rumah sakit dan puskesmas dari Aceh hingga Papua juga pernah menerima bantuan dari Medco Foundation dalam bentuk alat pelindung diri tenaga medis dalam bentuk baju hazmat, faceshield, kacamata, dan masker medis. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.