Belajar Pertanian Terpadu di Kampung Wapeko

Siang yang begitu menyengat di akhir bulan Agustus lalu tak menyurutkan semangat warga Wapeko, Kabupaten Merauke, Papua. Hari itu, di sebuah gazebo milik Dinas Pertanian Kabupaten Merauke yang ada di kampung tersebut,  sekitar 25 orang warga mengikuti pelatihan pertanian terpadu.

Dibantu para fasilitator, mereka saling bertanya dan berdiskusi. Antusiasme terus berlanjut saat berbagai materi mengenai demplot sayuran organik dan cara beternak ayam mereka peragakan.  Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama tiga hari itu berlangsung dengan meriah.

Pelatihan pertanian terpadu di Kampung Wapeko digagas Yayasan Santo Antonius (Yasanto) bekerja sama dengan Medco Foundation. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan memperluas pengetahuan warga mengenai pertanian terpadu dan pertanian berkelanjutan. Selain untuk menambah wawasan, pelatihan tersebut diharapkan juga untuk meningkatkan keahlian warga di bidang pertanian.

“Ini dilaksanakan agar warga, terutama warga asli Papua, meningkat ketrampilannya di bidang pertanian. Kalau ada ketrampilan diharapkan nantinya pendapatan masyarakat juga akan meningkat,” kata Jago Bukit dari Yasanto yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini.  

Menurut Jago, sebagai wilayah yang terletak di daerah pengembangan pertanian di Merauke, warga Kampung Wapeko  perlu mendapatkan berbagai pengetahuan serta ketrampilan dalam bidang pertanian. Hal ini agar mereka tidak menjadi pasif dan menjadi penonton.  Selain itu, dengan adanya pengetahuan dan ketrampilan mengenai pertanian berkelanjutan,  warga diharapkan bisa menjadi petani produktif yang mampu menangkap peluang sekaligus memajukan daerah.

Pelatihan pertanian terpadu merupakan salah satu kegiatan dalam program Smart Village atau Kampung Mandiri yang dilaksanakan Yasanto bekerja sama dengan Medco Foundation. Sebelumnya juga telah diadakan pelatihan mengenai penguatan kapasitas pemerintah kampung. Rizky Aliakbar, Koordinator Program Social Empowerment di Medco Foundation, mengungkapkan bahwa kegiatan-kegiatan dalam Program Kampung Mandiri dirancang agar warga Kampung Wapeko meningkat kemampuan serta kesejahteraannya . “Melalui berbagai kegiatan ini nantinya kita harapkan ada dampak positif yang menyertainya, terutama untuk meningkatkan pendapatan masyarakat,” katanya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.