Berjasa Bagi Ketahanan Energi, Arifin Panigoro Terima Bintang Mahaputra

Arifin Panigoro, pendiri Medco Group, menerima penghargaan Bintang Mahaputra dari pemerintah Republik Indonesia (RI). Pemberian penghargaan ini berkat jasanya pada Negara, dalam penyediaan kebutuhan energi untuk ketahanan energi Nasional. Presiden Joko Widodo menyerahkan langsung Penghargaan tersebut di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/8). 

Arifin merupakan pelopor bisnis minyak dan gas bumi (migas) di kalangan pengusaha pribumi. Pada saat bisnis migas masih didominasi perusahaan multinasional, dia berani terjun ke bisnis migas di awal 1990-an. Berkat keberanian dan sikap nasionalisme, Arifin mampu membesarkan bisnisnya dengan mengakusisi kepemilikan saham perusahaan-perusahaan asing di Indonesia seperti Tesoro (1992), Stanvac (1995), Novus Petroleum Ltd (2004), Blok B Natuna ConocoPhillips dan tambang mineral Newmont Nusa Tenggara (2016) hingga Ophir Energy (2019). Selain itu, Perusahaan yang didirikannya itu juga mengelola lapangan migas di berbagai belahan dunia, seperti Oman, Libia, Yaman, Tanzania, Thailand, Vietnam dan Meksiko.    

Saat ini, bisnis utama Arifin di bidang migas berkontribusi sekitar 100 ribu barrel oil equivalen per day (boepd). Selama 18 tahun terakhir, Perusahaan telah berkontribusi 13,6 milyar dolar AS kepada negara, pembayaran pajak senilai lebih dari 2 milyar dolar AS serta menyediakan ribuan lapangan kerja. Arifin juga berinisiatif untuk mengembangkan energi bersih dan terbarukan melalui bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Sarulla, Sumatera Utara dan Ijen, Jawa Timur serta Mini Hydro. 

“Tantangan kemandirian energi semakin besar, mulai dari soal produksi migas menurun, impor semakin besar karena meningkatnya kebutuhan di dalam negeri. Oleh karena itu, semua pihak harus gotong royong dan kerja keras dalam penyediaan energi, terutama untuk mengembangkan energi bersih dan terbarukan,” kata Arifin usai menerima penghargaan. Arifin berharap akan terus tumbuh pengusaha-pengusaha pribumi di bisnis ini, untuk menjawab tantangan kemandirian energi yang semakin meningkat. Dia juga berterima kasih atas penghargaan yang diberikan Negara kepadanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.