Donor Darah di Medco Foundation Health Day

Medco Foundation, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), menyelenggarakan kegiatan donor darah. Bertempat di Gedung Medco, Jakarta, kegiatan ini dilaksanakan pada 19 September 2014.  Kegiatan ini diperuntukkan untuk karyawan di komplek perkantoran Medco dan masyarakat sekitar yang ingin menyumbangkan darahnya.

Bagi Medco Foundation kegiatan donor darah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visinya, yaitu menumbuhkan semangat kemandirian masyarakat, dalam hal ini di bidang kesehatan. Medco Foundation ingin menjadi bagian dari masyarakat Indonesia yang turut memberi kontribusi bagi kertersediaan darah di Indonesia. Hal ini karena kebutuhan darah di Indonesia selalu kurang di setiap tahunnya.

Menurut Dr. Ulfa Suryani (Kepala Penyediaan Darah Unit Donor Darah Pusat PMI), seperti dikutip Antara (18/9/2014), kebutuhan darah di Indonesia mencapai 4,8 juta kantong darah setiap tahun. Namun jumlah kantong darah yang berhasil dikumpulkan PMI selama setahun hanya sekitar 2,5 juta kantong darah.  Atau dalam bentuk persentase, kebutuhan stok kantong darah pada saat ini adalah 2% dari jumlah penduduk Indonesia.  Saat ini PMI baru bisa menyediakan kantong darah sebanyak 1% dari jumlah penduduk Indonesia.

mf-donordarah-02

Pemakaian darah di Indonesia memang tinggi. Di seluruh Indonesia, rata-rata per hari dibutuhkan sekitar 15.000 kantong darah untuk masyarakat yang membutuhkan. Golongan darah A merupakan golongan darah yang selalu kekurangan stok.

Melalui kegiatan donor darah ini, Medco Foundation ingin mengajak masyarakat berpartisipasi membantu masyarakat lain yang membutuhkan. Medco Foundation juga berkeinginan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa kegiatan donor darah bukan merupakan kegiatan yang berbahaya.  Selain untuk menolong sesama, donor darah juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, bahkan bisa menjadi gaya hidup yang menyehatkan.

Di luar acara donor darah, kegiatan Medco Foundation Health Day juga diisi acara Bincang Sehat, dengan tema “Ngantor Sehat Yuk” bersama Dr. Anna Silviana dan Dr. Andry Mulyana. Dalam acara ini dibahas mengenai berbagai tips menciptakan dan menjaga gaya hidup sehat, terutama gaya hidup sehat sewaktu menjalankan pekerjaan sehari-hari.   Selain itu, Medco Foundation Health Day kali ini juga diisi acara pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan tingkatan stress untuk para peserta. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.