Gerai Pustaka di Indonesia Book Fair 2015 

Booth Medco Foundation di ajang Indonesia  International Book Fair (IIBF) 2015 yang diadakan di Jakarta Convention Center, tampak meriah siang itu. Beberapa anak melakukan aktifitas seperti menulis, membuat origami, atau mengisi testimoni. Sambil mengerjakan berbagai aktifitas tersebut, mereka menggali pengetahuan mengenai dunia literasi Indonesia, khususnya melalui program-program yang dirintis Medco Foundation.

Itulah sekilas gambaran aktifitas di booth Medco Foundation pada ajang IIBF 2015 –pameran buku terbesar di Indonesia– yang berlangsung 2-6 September 2015 lalu. Dalam gelaran kali ini, Medco Foundation – bersama dengan Bank Woori Saudara– kembali menampilkan Gerai Pustaka. Gerai Pustaka merupakan program yang diselenggarakan Medco Foundation di bidang literasi berupa perpustakaan bergerak dengan menggunakan kendaraan bermotor. Konsepnya adalah mendekatkan akses bacaan kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain menyediakan bahan bacaan, Gerai Pustaka juga menyelenggarakan aktifitas-aktifitas pendukung dalam berbagai kegiatan kreatif.

Aktifitas-aktifitas pendukung dalam berbagai kegiatan kreatif inilah yang diikuti banyak pengunjung di ajang IIBF 2015. Mereka antara lain menulis fkata-fakta mengani berbagai hal di berbagai daerah di Indonesia, yang kemudian bisa ditempelkan di peta Indonesia yang sudah disediakan di booth. Para pengunjung juga bisa menulis surat semangat kepada anak-anak asuh Medco Foundation di Desa Mekarjaya, Purwakarta, dan anak-anak di Desa Wukirsari, Yogyakarta. Aktifitas lain seperti membuat origami juga disediakan. Selain melakukan berbagai aktifitas itu, para pengunjung juga membaca buku di perpustakaan sepeda motor dan berbagi pengetahuan mengenai dunia literasi di Indonesia bersama para staf dan volunteer Medco Foundation.

Bekerja sama  dengan Bank Woori Saudara, Medco Foundation juga menyelenggarakan lomba menulis di event ini. Lomba menulis yang mengambil tema “Aku dan Buku” dan “Aku dan Bank” ini diikuti puluhan anak Sekolah Dasar dari beberapa sekolah di Jakarta.

Sebagai organisasi sosial yang mempunyai kepedulian terhadap bidang literasi, Medco Foundation memandang event seperti IIBF 2015 sangat strategis untuk membantu meningkatkan pengembangan literasi di Indonesia. Selain  untuk mendorong kemajuan industri penerbitan atau mempromosikan para penulis beserta karya-karyanya, event ini juga berfungsi sebagai sebagai forum untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dunia literasi dari berbagai kalangan penggiat literasi. Medco Foundation, melalui Gerai Pustaka, juga ingin menjadi bagian dari komunitas penggiat literasi yang bersama-sama berupaya meningkatkan minat dan daya baca masyarakat Indonesia. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *