Gerai Pustaka di Indonesia Book Fair 2014

Indonesia International Book Fair kembali digelar pada 1-9 November 2014 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.  Komunitas penggiat literasi, media massa, serta penerbit buku dari berbagai negara akan ikut serta dalam ajang ini. Medco Foundation juga akan ambil bagian melalui salah satu kegiatannya di bidang literasi: Gerai Pustaka.

Sebagai organisasi sosial yang menjalankan Program Edukasi dan Literasi, Medco Foundation memandang event ini sangat strategis untuk membantu meningkatkan pengembangan literasi di Indonesia. Acara ini dharapkan bisa mendorong kemajuan industri penerbitan, mempromosikan para penulis beserta karya-karyanya, serta sebagai forum untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dunia literasi dari berbagai kalangan.

Selain sebagai ajang untuk memamerkan karya-karya para penulis, Indonesia International Book Fair yang tahun ini memasuki gelaran ke-34, juga akan diisi kegiatan lain seperti stadium generale dan sharing session mengenai industri penerbitan, perpustakaan, dan aktivitas-aktivitas pengembangan literasi. Medco Foundation juga akan berbagi pengalaman dalam acara sharing session pada 4 November 2014, serta sharing knowledge pada stadium generale pada 6 November 2014.  Berbagai lomba seperti lomba pidato dan lomba mewarnai, serta workshop mendongeng juga akan ditampilkan.

Medco Foundation sendiri akan menampilkan Gerai Pustaka dalam event yang diikuti oleh negara-negara ASEAN, Cina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Pakistan, Saudi Arabia, dan Kanada ini. Gerai Pustaka merupakan kegiatan yang dilakukan Medco Foundation berupa penyediaan perpustakaan bergerak untuk masyarakat, terutama untuk masyarakat pedesaan.  Fakta bahwa penduduk miskin Indonesia  berjumlah sekitar 11,96% (29,13 juta jiwa),  dengan 71,3% di antaranya berada di pedesaan (BPS 2012), membuat Medco Foundatio tergerak untuk membantu meningkatkan akses baca terhadap masyarakat pedesaan. Apalagi tercatat baru sekitar  17.143 desa  atau sekitar 21,81% desa yang memiliki perpustakaan dari 78.609 desa di Indonesia (PNRI 2011).

Gerai Pustaka merupakan perpustakaan bergerak dengan menggunakan sepeda motor box. Konsepnya adalah mendekatkan akses bacaan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama masyarakat pedesaan yang minat dan daya bacanya relatif masih rendah. Berbagai bahan bacaan untuk menambah pengetahuan disediakan.  Melalui Gerai Pustaka ini, Medco Foundation ingin menjadi bagian dari komunitas penggiat literasi di Indonesia yang bersama-sama berupaya mengembangkan dan meningkatkan minat dan daya baca masyarakat Indonesia. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.