Gerai Pustaka di MIN 3 Cijantung

Medco Foundation, bekerja sama dengan Majalah Dinding Pelangi, kembali menjalankan kegiatan Gerai Pustaka, Selasa (8/10). Bertempat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Cijantung, Jakarta Timur, kegiatan yang diikuti para murid ini berlangsung meriah. 

Keseruan acara pagi itu dimulai dengan kegiatan story telling. Tim dari Gerai Pustaka membacakan buku cerita sementara siswa dan siswi dari kelas satu sampai tiga duduk manis mendengarkan. Namun tidak hanya pendongeng saja yang aktif, anak-anak pun diajak berpartisipasi dalam sesi ini. Setelah kegiatan story telling selesai, acara dilanjutkan dengan kuis dan permainan-permainan menarik. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa buku dan alat-alat tulis.

Kegiatan lain adalah workshop pembuatan majalah dinding atau mading. Diikuti oleh para siswa dan siswi dari kelas empat sampai enam, materi utama dalam sesi ini adalah menulis. Terutama menulis cerita pendek dan puisi. Selain itu mereka juga diajak belajar menggambar dan mewarnai untuk menghias mading tersebut. Melalui sesi menulis, menggambar, dan mewarnai ini diharapkan kreativitas dan keberanian para siswa untuk berekspresi muncul. Selanjutnya diharapkan mereka bisa menuangkan berbagai ide dan kreatifitas mereka di mading sekolah sendiri. 

Oktin Palupi, Koordinator Program Edukasi dan Literasi Medco Foundation, mengungkapkan Gerai Pustaka merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Medco Foundation sejak beberapa tahun terakhir. Untuk kawasan Jakarta dan sekitarnya, kegiatan Gerai Pustaka menyasar anak-anak sekolah dasar. “Selain untuk meningkatkan minat dan daya baca masyarakat, kegiatan ini juga dilakukan untuk memancing kreativitas dan inovasi para peserta,” katanya.***  (Aranzsa Audi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.