Gerai Pustaka untuk Hari Air Sedunia

Hari Air Sedunia, yang diperingati setiap 22 Maret, disemarakkan Medco Foundation dengan kegiatan Gerai Pustaka dan Tebar Inspirasi di sejumlah sekolah di Jakarta. Dengan tema “Satu Tetes Air, Sejuta Harapan”, Medco Foundation mengajak anak-anak memahami pentingnya menjaga air demi masa depan kehidupan manusia.

Gerai Pustaka dan Tebar Inspirasi kali ini diselenggarakan di empat sekolah dasar pada 21-28 Maret 2018, masing-masing di SDN Cilandak Timur 05 Pagi, SDN Pejaten Barat 01 Pagi, SDN Ragunan 07 Pagi, dan SDN Ragunan 10 Pagi.

Rangkaian kegaitan dalam Gerai Pustaka dan Tebar Inspirasi ini di antaranya layanan perpustakaan keliling. Kegiatan ini direspon sangat baik oleh siswa di semua sekolah. Anak-anak saling berbagi membaca semua buku yang tersedia di pustaka.

Kegiatan lainnya adalah story telling. Para volunteer menjadi pendongeng dan berinteraksi dengan siswa. Cerita yang dibawakan tentang pentingnya kepedulian dalam menjaga ketersediaan air bersih untuk masa depan. Story telling ini tidak hanya menyajikan hiburan, namun ikut memberikan pembelajaran.

Ada pula lomba membuat poster dengan tema air. Dari lomba ini diharapkan anak-anak menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan tumbuh kesadaran untuk bergerak bersama menjaga lingkungan.

“Tema Hari Air sedunia diangkat untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak, terutama usia sekolah dasar, agar lebih menjaga dan tidak mengekploitasi air secara berlebihan, terutama air bersih yang mulai langka,” ujar Oktin Catur Palupi, Koordinator Program Edukasi dan Literasi Medco Foundation.

“Sangat memperihatinkan jika generasi muda tidak bisa menjaga ketersediaan air. Ini akan berakibat pada kehidupan mereka sendiri di masa depan. Untuk itu, kampanye mengenai air harus terus digalakkan,” katanya. [INS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *