Knowledge Sharing Forum Pemilu 2014

Tahun 2014 merupakan tahun penting bagi bangsa Indonesia. Di tahun ini akan diadakan Pemilu 2014 untuk memilih wakil rakyat dan para pemimpin eksekutif yang akan memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan. Meski proses sosialisasi mengenai Pemilu 2014 sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), akan tetapi masih banyak masyarakat yang masih belum memahami tahapan, proses, dan tata cara pemilihan dalam Pemilu 2014.

Oleh karena itu, dalam rangka membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tahapan, proses, dan tata cara pemilihan dalam Pemilu 2014, Medco Foundation mengadakan acara Knowledge Sharing Forum (KSF) mengenai Pemilu 2014. Acara ini diadakan pada 28 Maret 2014 di kompleks perkantoran Medco di Jakarta.

Pada acara ini, Medco Foundation mengundang dua pembicara, yaitu Ketua KPU Kota Administrasi Jakarta Selatan, Muhammad Ikbal, dan Koordinator ICW Ade Irawan. Dalam paparannya, Muhammad Ikbal menjelaskan mengenai tahapan-tahapan Pemilu 2014, baik yang sudah dilakukan maupun yang masih terus berlangsung. Dijelaskan juga mengenai proses-proses dan cara menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2014.

Melalui forum yang interaktif, para peserta menanyakan berbagai pertanyaan seputar Pemilu 2004, terutama cara mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT), cara menggunakan hak pilih jika tidak sedang di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai yang terdaftar di DPT, hingga cara mencoblos surat suara secara sah.

Sementara pembicara yang lain, Ade Irawan, menjelaskan perlunya menggunakan hak pilih sebagai warga negara yang baik. Ia juga menggarisbawahi perlunya memilih calon wakil rakyat yang bersih agar bisa membantu Indonesia mengatasi masalah pemberantasan korupsi. Memang tidak mudah mengenal setiap calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2014. Hal ini karena begitu banyaknya calon dan daerah pemilihan (dapil) yang ada. Dari semua tingkatan pemilu legislatif yaitu DPR nasional, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), jumlah kursi yang ada mencapai 19.699 kursi di 2.471 dapil dengan melibatkan sekitar 200 ribu orang calon wakil rakyat.

Namun Ade juga memberikan ulasan mengenai bagaimana cara mengetahui dan mencari calon-calon yang bersih. Misalnya dengan mencari di situs-situs tertentu di internet yang menyediakan informasi-informasi mengenai calon-calon yang bersih.

Melalui acara ini, Medco Foundation berusaha membantu menyebarkan pengetahuan mengenai Pemilu 2014 agar masyarakat bisa mengikuti pesta demokrasi tahun ini dengan sebaik-baiknya. Juga agar Pemilu 2014 bisa berjalan lancar dan menghasilkan para pemimpin yang bisa membawa bangsa ini menjadi lebih maju. ***

We mustiness retrieve that they can and should be minded opportunities to guess critically eventide though they dont verbalise English fluently ieee research paper on database Late, patch doing communication is metric printed wrongful statements concerning the Ku the regime. Sole then will statement and solvent, and now it symbols ruminate expressions by the mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.