Medco Foundation Gandeng BPPT untuk Program Pemberdayaan Ekonomi Umat

MEDCO Foundation mengukuhkan kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan  Teknologi (BPPT) dalam program pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. Nota kesepahaman bersama ini ditandatangani kedua pihak pada Rabu (31/1) pagi di Jakarta.

Nota kesepahaman tersebut bertujuan mengintegrasikan dan menyelaraskan kegiatan yang berhubungan dengan pengkajian dan penerapan teknologi bagi terciptanya peningkatan daya saing ekonomi umat di Indonesia.

Ruang lingkup kerjasama antara Medco Foundation dan BPPT, yang ikut didukung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai inisiator program ekonomi umat, antara lain meliputi pengkajian dan penerapan teknologi di bidang agroindustri dan bioteknologi, sumber daya alam, informasi, energi, material dan kebijakan teknologi.

Saat ini Medco Foundation bersama MUI dan BPPT tengah mendorong Program Domba Nasional (Prodombas) di pesantren-pesantren dan komunitas atau kelompok peternak di seluruh Indonesia sebagai salah satu kegiatan untuk memberdayakan ekonomi umat. Pilot project Prodombas ini kini telah berjalan di Jawa Barat dan Banten, dan sedang diperluas hingga ke Aceh.

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan bersama, di mana BPPT ikut mengambil peran pada pelatihan dan pendampingan serta alih teknologi budidaya ternak. MUI fokus pada pembinaan pesantren-pesantren mitra dalam program ini, sedangkan Medco Foundation berperan dalam pembinaan usaha, modal, dan mendorong tumbuh kembang kewirausahaan di pesantren-pesantren dan komunitas. [INS]

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *