Medco Foundation Tanda Tangani MoU “Gerai Pustaka”

Dalam rangka membantu meningkatkan minat dan daya baca masyarakat Indonesia, Medco Foundation  menjalin kerja sama dengan beberapa pihak untuk mengembangkan kegiatan perpustakaan bergerak yang dinamai “Gerai Pustaka”.  Salah satu bentuk kerja sama yang tengah dilakukan adalah dengan menyediakan “Gerai Pustaka” di wilayah provinsi DKI Jakarta.  Bersama dengan Lions Club Jakarta Monas Millenium dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta, Medco Foundation menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai kerja sama pengembangan “Gerai Pustaka”.

Penandatanganan MoU antara Medco Foundation, Lions Club Jakarta Monas Millenium, dan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta dilakukan pada pembukaan acara “Jakarta Library and Archives Expo 2014” yang diadakan di Area Ballroom Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis 11 Desember 2014. Melalui penandatangan MoU pengembangan “Gerai Pustaka” ini, gagasan menyediakan bahan bacaan bermutu bagi masyarakat dengan penyediaan perpustakaan bergerak bisa semakin dekat direalisasikan.

“Gerai Pustaka” adalah perpustakaan bergerak dengan menggunakan sepeda motor box. Penggunaan sepeda motor box sebagai perpustakaan dilandasi kebutuhan agar akses masyarakat terhadap bahan bacaan bisa lebih dekat.  Dengan menggunakan sepeda motor box, perpustakaan bergerak “Gerai Pustaka” bisa lebih menjangkau permukiman-permukiman di mana masyarakat tinggal.

Perpustakaan bergerak “Gerai Pustaka” merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan Medco Foundation di bidang literasi. Sebelumnya, Medco Foundation telah berhasil mengembangan kegiatan  Pustaka Desa, yaitu kegiatan pengembangan perpustakaan desa yang dilakukan di wilayah Yogyakarta.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.