Medco Peduli Ajak Warga Bersatu Lawan Corona

Sejak kemunculannya pertama kali di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina pada akhir tahun lalu, sindrom pernafasan yang disebabkan virus Corona baru menjelma menjadi kekhawatiran global. Bukan cuma luasnya sebaran wabah ini, pandemi Coronavirus Disease of 2019 (COVID-19) mengancam perekonomian lebih 150 negara di dunia.

Hingga Jumat, 20 Maret 2020, laporan situasi global Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan jumlah kasus Corona di seluruh dunia mencapai 209.839, dengan angka kematian sebanyak 8.778 korban.

Di Indonesia, pada Jumat petang, pemerintah mengonfirmasi jumlah kasus positif Corona mencapai 369, dengan jumlah kematian 32 orang. Peningkatan jumlah ini menempatkan Indonesia pada posisi teratas kasus Corona di wilayah Asia Tenggara, melampaui Thailand dan India.

Selain pada aspek kesehatan, pandemi global COVID-19 ini membawa dampak cukup besar bagi perekonomian, terutama bagi masyarakat miskin dan pekerja informal. Pembatasan kegiatan, sebagai respon untuk pencegahan meluasnya wabah, membuat banyak warga mulai kesulitan memenuhi kebutuhan dasar, khususnya makanan dan obat-obatan. Dampak dari pandemi ini juga sangat dirasakan oleh petugas medis yang bertugas di garda terdepan melawan Corona.

Merespon situasi tersebut, Medco Foundation melalui Program Medco Peduli, mengajak masyarakat berpartisipasi dalam gerakan #BersatuLawanCorona. Melalui gerakan ini, kami mengumpulkan donasi untuk disumbangkan kepada masyarakat miskin, pekerja informal, dan petugas medis. Donasi berupa uang, makanan, dan alat pelindung diri (APD).

“Donasi akan digunakan untuk menyumbang makanan dan perlengkapan sanitasi bagi masyarakat miskin serta pekerja informal yang tidak bisa bekerja selama krisis ini. Selain itu, digunakan untuk pengadaan APD yang akan disumbangkan ke tenaga medis di daerah-daerah terdampak pandemi Corona,” ujar Head of Program Medco Foundation, Rendra Permana.

Donasi berupa uang dapat dikirim ke rekening Medco Peduli di akun Medco Foundation pada Bank Central Asia #733.028.4727 dan Bank Woori Saudara #200.101.2331. Adapun bantuan berupa makanan, perlengkapan sanitasi, dan APD dapat dikirimkan ke kantor Medco Foundation, Jalan Ampera Raya 18-20, Cilandak, Jakarta Selatan. Informasi mengenai gerakan ini dapat diakses di www.medcofoundation.org dan kanal IG @medcofoundation.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam gerakan ini,” ujar Rendra. [INS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.