Melalui Nusa Buku, Medco Ajak Masyarakat Perkuat Literasi Nusantara

JAKARTA (15/12) – Medco Group mengajak semua elemen bekerja bersama memperkuat literasi budaya nusantara. Pemerintah, organisasi nonprofit, swasta, lembaga pendidikan, dan komunitas masyarakat perlu berkolaborasi membangun basis literasi Indonesia yang kokoh dan berkesinambungan.

“Banyak inisiatif penguatan literasi dilakukan sendiri-sendiri. Misalnya, pemerintah konsentrasi pada pemerataan fasilitas, organisasi nonprofit pada kampanye minat baca, kampus pada penguatan konten. Bayangkan jika tiga pihak ini bekerja bersama, dampaknya akan sangat besar bagi literasi di nusantara,” kata Yani Panigoro, Direktur Medco Group, di sela talkshow “Nusa Buku: Literasi Budaya Nusantara” di The Energy Building, Jakarta, Jumat (15/12) siang.

Yani menyebut contoh upaya penguatan literasi oleh Medco Group, yakni Nusa Buku, yang dilaksanakan Medco Foundation. Melalui program ini, Medco mendorong terciptanya kerjasama banyak pihak dalam menguatkan literasi di Indonesia.

Nusa Buku adalah sebuah inisiatif untuk mendorong kerjasama banyak pihak dalam upaya menguatkan budaya literasi di Indonesia, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mendistribusikan buku ke berbagai daerah di Indonesia.

“Program ini berawal dari kekhawatiran kami mengenai rendahnya minat baca dan sulitnya akses buku bacaan berkualitas, terutama bagi anak-anak usia sekolah di daerah-daerah tempat Medco Group beroperasi, mulai Aceh hingga Papua. Kami memandang perlu ada sebuah inisiatif untuk menjawab kekhawatiran tersebut,” ujarnya di talkshow tersebut, didampingi Head of Medco Foundation Roni Pramaditia dan pegiat literasi Maman Suherman.

Yani Panigoro mengatakan Nusa Buku bertujuan menghimpun donasi berupa buku-buku untuk disalurkan ke sekolah, taman baca, maupun perpustakaan daerah yang ada Jakarta, Yogyakarta, Merauke, dan Kepulauan Anambas, Aceh, dan Kalimantan.

“Selain itu, Nusa Buku bertujuan meningkatkan minat baca generasi muda, terutama pelajar, di wilayah-wilayah yang menjadi sasaran program, memberikan akses bagi kebutuhan penguatan budaya literasi, dan menggerakkan partisipasi banyak pihak dalam upaya meningkatkan budaya literasi di Indonesia”.

“Melalui Nusa Buku ini, kami mengajak semua elemen di Indonesia berkolaborasi untuk memperkuat literasi di Indonesia,” ujarnya lagi. [INS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.