Membangun Kapasitas Kepemimpinan Kolektif

Dunia terus berubah. Berbagai tantangan global –seperti perubahan iklim, krisis pangan dan air, ketersediaan energi, krisis keuangan dan pendidikan, pengangguran, kurangnya layanan kesehatan, disintegrasi sosial, juga peristiwa-peristiwa tak terduga seperti “Peristiwa 9/11” dan “Tragedi Fukushima” — terus menghantui.

 

Tantangan global yang saling terhubung ini harus disikapi bersama, terutama oleh para pemimpin di semua lembaga, baik lembaga pemerintah, swasta, maupun civil society. Para pemimpin di semua lembaga ini dituntut untuk memiliki pemahaman mendalam tentang akar masalah dan penyiasatan menghadapi tantangan-tantangan global yang saat ini terjadi. Untuk menyikapi berbagai tantangan tersebut, juga dibutuhkan sistem berpikir, kerja sama, dan berbagai inovasi yang lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya.

 

Sayangnya, berbagai kegiatan pelatihan kepemimpinan yang ada pada saat ini lebih banyak membahas pengetahuan teknis dan ketrampilan individu. Pemahaman terhadap kompleksitas masalah yang harus dipecahkan oleh para pemimpin lembaga terkadang malah terabaikan. Padahal hal ini sangat penting untuk membangun kapasitas kepemimpinan yang mampu menghubungkan semua konteks permasalahan yang ada sehingga bisa dihasilkan keputusan-keputusan kunci dalam suatu lembaga.

 

Dalam rangka mengembangkan kemimpinan bersama yang mempunyai kapasitas memecahkan masalah seiring dengan munculnya tantangan-tantangan global inilah Universitas Paramadina menyelenggarakan sebuah kuliah umum yang berjudul “Reiventing Education for 21st Century; Building Collective Leadership Capacity for Transforming Self, Business, and Society.”  Kuliah ini akan menghadirkan Profesor Otto Scharmer dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan keynote speaker Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Dr. Anies Baswedan.

 

Acara ini diselenggarakan pada 1 Juli 2015 di Pasca-Sarjana Universitas Paramadina, The Energi Building, Jakarta. Medco Foundation, selaku lembaga yang peduli dengan berbagai isu pendidikan, sosial, kesehatan, dan lingkungan, ikut menjadi sponsor pada acara yang dihadiri para pemimpin dari berbagai lembaga pemerintah, bisnis, pendidikan, media massa, dan civil society ini. *** Self-made infographic: Baccarat Game Rules

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *