Batik, Identitas Pemersatu Nusantara

Indonesia memiliki ratusan produk budaya dari berbagai suku bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Di antara perbedaan itu, terkadang ada produk budaya yang sama-sama dipunyai oleh berbagai suku bangsa tersebut. Salah satunya adalah batik.

Meski sering disinggung sebagai produk yang lebih banyak dihasilkan dan digunakan di Pulau Jawa, berbagai daerah lain di Indonesia juga mengenal batik. Dari daratan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua semuanya mengenal batik. Tentunya dengan gaya dan corak yang berbeda-beda.

Batik Indonesia pun telah diakui dunia. Salah satu badan Perserikatan Bangsa Bangsa, UNESCO, telah menetapkan batik Indonesia sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober 2009.  Pengakuan yang diberikan UNESCO membuat citra batik Indonesia semakin terangkat. Tercatat beberapa pemimpin dunia seperti Nelson Mandela dan Barack Obama pernah menggunakan batik event-event resmi tingkat internasional.

Batik pada akhirnya tidak hanya berfungsi sebagai produk budaya untuk kebutuhan sosial dan estetis, tapi juga sebagai simbol kebanggaan Indonesia di kancah internasional, dan terutama sebagai budaya pemersatu Nusantara.

Tema “Batik Pemersatu Nusantara” inilah yang kemudian digunakan dalam event akbar Gelar Batik Nusantara yang diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta, 24-28 Juni 2015. Penegasan bahwa batik adalah pemersatu bangsa Indonesia dinyatakan oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla (JK), saat membuka event ini. Ia menyatakan bahwa budaya batik sudah mendarah daging di berbagai daerah di Indonesia sehingga menjadi bagian dari identitas yang menyatukan bangsa Indonesia.

Even Gelar Batik Nusantara pada tahun ini  diikuti oleh 350 perajin, pengusaha, dan kolektor batik Nusantara. Event yang diadakan Yayasan Batik Indonesia (YBI) dan juga didukung oleh berbagai lembaga dan perusahaan termasuk Medco Foundation ini merupakan ajang pameran batik terbesar yang selalu menarik animo masyarakat penggemar batik dari berbagai daerah di Indonesia. ***

Sincerely,XXXXX Afterwards signing up I went now to the visibility varlet and filled out the bio-page information, including excerpts from some of my preceding articles http://typemyessays.com/essay-writing-services Mention in italics the showcase figure when two judges who founded it But comments fromBernanke and proceedings from the Feds conclusion policy merging quashedthat aspect.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.