Membangun UMKM Berdaya

Upaya membangun kemandirian masyarakat Indonesia melalui penguatan ekonomi, terutama di sektor kewirausahaan, menjadi pilar utama visi Medco Foundation. Upaya ini diwujudkan Medco Foundation  dengan memperkuat beragam inisiatif, salah satunya pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Medco Foundation memandang pemberdayaan sosial dan ekonomi, terutama bagi pelaku UMKM, merupakan hal penting karena para pelaku usaha sektor ini memberi kontribusi besar bagi perekonomian nasional. Jumlah UMKM di Indonesia tercatat  57,9 juta unit, menjadi salah satu populasi usaha terbesar di dunia. Namun, sayangnya, bantuan keuangan untuk sektor ini masih minim.

Selain pemberdayaan ekonomi berbasis keumatan, yang kini berjalan di beberapa provinsi di Indonesia, Medco Foundation kini berkolaborasi dengan GandengTangan, salah satu financial technology platform yang mendampingi dan memberdayakan UMKM. GandengTangan adalah wadah kolaborasi yang mempertemukan pemilik usaha mikro yang membutuhkan pembiayaan dengan para investor yang ingin memberikan dampak sosial secara aman dan transparan. Melalui investasi jangka pendek, GandengTangan hadir menjembatani keduanya dalam menciptakan dampak baik bagi ekonomi Indonesia.

“Kolaborasi ini sangat strategis. Medco Foundation menggunakan pendekatan baru dalam pemberdayaan masyarakat, yakni financial technology, melalui platform yang digagas GandengTangan. Pendekatan ini lebih mudah dan bisa memberikan dampak signifikan bagi UMKM yang menjadi mitra,” ujar Koordinator Pemberdayaan Sosial Medco Foundation, Rizky Ali Akbar.

Menurut Rizky, dalam kolaborasi ini Medco Foundation berinvestasi dengan memberikan modal kepada UMKM melalui platform yang disediakan GandengTangan. Modal yang didistribusikan kepada mitra kemudian dikelola dengan transparan. Selain menjadi administrator, GandengTangan berperan sebagai pendamping yang bertugas mendampingi para mitra dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.

Pilot project kolaborasi ini selama setahun terakhir telah berhasil mendampingi dan memberdayakan 38 UMKM di Jakarta dan Jawa Barat. Mitra usaha yang didamping Medco Foundation di antaranya tersebar di Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, dan Jakarta Selatan.

“Umumnya mitra yang kami dampingi adalah pedagang kecil, seperti warung makanan, kios kue, atau warung kelontong. Mitra-mitra ini merupakan rekomendasi dari GandengTangan, yang telah lolos seleksi dengan mekanisme credit scoring,” ujar Rizky.

Rizky mengatakan kolaborasi Medco Foundation dengan GandengTangan ini menjadi contoh baik dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia. Ia mengajak pihak lain ikut berkolaborasi dalam kegiatan ini. “Semakin banyak pihak yang ikut berinvestasi bagi UMKM, maka ekonomi masyarakat pun akan tumbuh dengan laju yang baik,” katanya. [INS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.