Menulis Surat dan Mengenal Benda Pos

Senyum ceria  terpancar dari wajah anak-anak Sekolah Dasar (SD) 07 Ragunan, Jakarta Selatan. Hari itu, 12 Januari 2016,  para siswa di sekolah tersebut kedatangan tamu dari Medco Foundation dan PT Pos Indonesia. Mereka akan belajar menulis surat dan mengenal benda-benda pos dalam suatu kegiatan yang diberi nama Pustaka Ilmu.

Para siswa yang mengikuti kegiatan ini juga mempelajari proses pengiriman surat. Di halaman sekolah tersebut sudah tersedia mobil pos yang langsung didatangkan oleh PT Pos Indonesia. Setelah berhasil membuat surat untuk sahabat pena mereka, anak-anak sekolah tersebut kemudian diminta mengirimkan kartu posnya masing-masing melalui mobil pos.

mekarjaya2

Kegiatan di SD 07 Ragunan ini sebenarnya merupakan lanjutan kegiatan Pustaka Ilmu yang diadakan pada 19 Desember 2015 di Desa Mekarjaya, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Saat itu puluhan anak-anak asuh Medco Foundation di SD 01 dan SD 02 Mekarjaya, Kabupaten Purwakarta juga belajar menulis surat dan mengenal benda-benda pos. Surat yang ditulis anak-anak  SD 01 dan 02 Mekarjaya itu ditujukan kepada siswa SD 07 Ragunan. Dalam kegiatan di SD 07 Ragunan, para siswa membuat surat untuk membalas surat yang mereka terima dari anak-anak di Desa Mekarjaya.

Pustaka Ilmu merupakan salah satu bagian kegiatan Program Tali Asuh yang diadakan Medco Foundation dalam rangka memberikan penguatan kepada para anak asuh dan peserta lainnya untuk berbagi ilmu, terutama yang berkaitan dengan kebiasaan menulis dan bercerita. Kegiatan ini sekaligus juga sebagai wadah pemberian gizi dasar bagi para anak asuh. Dalam penyampaian materi, penyelenggaraan kegiatan Pustaka Ilmu menggunakan  metode sharing knowledge dengan berbagai game edukatif dan pembelajaran secara kreatif selama pelaksanaan kegiatan.

Selain PT Pos Indonesia, dalam kegiatan Pustaka Ilmu  kali ini Medco Foundation juga mengajak relawan Indonesia Mengajar untuk berbagi cerita-cerita dan pengalaman menulis selama mengajar di berbagai pelosok negeri di Indonesia. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.