Merayakan Hari Relawan Internasional

Tanggal 5 Desember diperingati setiap tahun sebagai Hari Relawan Internasional atau International Volunteer Day. Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menetapkan Hari Relawan Internasional tersebut dalam rangka menghormati dan menunjukan rasa terima kasih untuk para relawan kegiatan kemanusiaan di seluruh dunia. Dalam suatu pernyataannya, Sekertaris Jenderal PBB António Guterres mengatakan, “Sukarelawan sering kali menjadi pihak yang pertama kali bertindak di saat krisis. Membantu jutaan orang untuk bertahan hidup meskipun begitu banyak risiko untuk mereka sendiri.”

Sejatinya relawan tidak hanya terbatas bagi mereka yang menolong di daerah bencana, konflik, atau krisis saja. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sukarelawan memiliki arti sebagai orang yang melakukan kegiatan kemanusiaan—dalam bentuk tenaga, pikiran, waktu, uang dan sebagainya—dengan kehendak diri sendiri tanpa adanya paksaan. Ini menunjukan bahwa siapapun yang terlibat dalam kegiatan menolong atau membantu orang lain dengan menyumbangkan pikiran, waktu, uang dan tenaga untuk membuat lingkungan yang lebih positif adalah seorang relawan.

Setiap tahun jutaan orang di dunia menyumbangkan waktu dan keterampilan mereka untuk membantu menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik. Ketika mereka menjadi sukarelawan, mereka membantu meningkatkan kehidupan orang lain.

Tidak terkecuali di Indonesia. Sukarelawan bermunculan di daerah atau bahkan nasional. Situs indorelawan.org, misalnya, mendata ratusan ribu relawan yang siap menyumbangkan waktu dan tenaga untuk berbagai kegiatan sosial kemanusiaan. Anak-anak muda Indonesia saat ini semakin rutin untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut, mulai dari kegiatan di daerah bencana, pendistribusian buku-buku, penggalangan dana, mengumpulkan bantuan logistik, pemberian wawasan dan keterampilan, dan sebagainya. 

Semangat para relawan muda ini sangat menggebu. Bahkan tidak sedikit anak-anak muda Indonesia yang juga turut mengikuti kegiatan sukarelawan di mancanegara. Motivasi mereka beragam, tetapi masih sama-sama ingin menolong dan membantu meringankan beban kemanusiaan.

Medco Foundation merupakan salah satu organisasi yang percaya bahwa untuk mencapai suatu tujuan yang lebih baik diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dengan para relawan. Kerja sama tersebut antara lain mengutamakan kepedulian, kemauan, saling menghargai, dan komunikasi yang baik. Kegigihan dan semangat para relawan telah membantu Medco Foundation dalam menjalankan program-program kerja selama ini.  Selamat Hari Relawan Internasional! *** (Aranzsa Audi, dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.