Pahlawan Masa Kini

10 November adalah simbol perjuangan; melawan kolonialisme, memutus keresahan, dan memperjuangkan ikhtiar. Indonesia merdeka sudah dicetuskan dan dijunjung bersama. Tentu opsi menyerah atau menghamba pada keadaan ada dalam daftar pilihan, tapi para tokoh pejuang saat itu memilih untuk teguh pada janji kemerdekaan. Bung Tomo dan kawan-kawan serta ribuan pejuang kemerdekaan Indonesia pun disebut sebagai pahlawan. Pahlawan hadir, menjawab tantangan, menyelamatkan situasi bahkan lebih sering harus sampai mengorbankan dirinya. Indonesia di zaman 1945 dan era milenia 2016, apakah masih membutuhkan pahlawan?

Setiap hari, ada ribuan persoalan yang bergulir di kehidupan harian masyarakat Indonesia. Dekat dan nyata, mencemaskan, bahkan sampai mengancam masa depan. Sebut saja persoalan ekonomi, keterbatasan akses pendidikan, minimnya kualitas SDM, persoalan batas wilayah, kasus kekerasan terhadap anak, nasib pasokan pangan, dan tambahkan daftar selanjutnya. Sepertinya, Indonesia masih membutuhkan pahlawan masa kini. Bukan persoalan bagaimana kostumnya atau kekuatan super apa yang dimiliki. Atau seberapa cerah warna kulitnya dan selancar apa kemampuannya menghafal 10 bahasa dunia. Terkadang pahlawan pun muncul dengan ide sederhana namun eksekusi-daya juang, keberanian, pantang menyerah- yang luar biasa.

Bagaimana cara kita menemukan pahlawan masa kini? Ke mana kita mencari pahlawan yang menjawab tantangan masa kini, keresahan harian, bahkan mengangkat Indoensia sebagai bangsa yang beradab? Kami menemukannya dalam jiwa anak-anak Indonesia. Kami meyakini, di sinilah tumpuan harapan bangsa. Mereka, anak-anak, adalah heroes in the making. Mereka sedang dalam perjalanannya untuk menjadi jawaban bagi tantangan bagi generasinya.

Tanggal 10 November lalu, kami (tim Medco Foundation) turun langsung dengan antusiasme ingin melihat pahlawan masa depan Indonesia. Kami punya tanggung jawab untuk tidak melewatkan gerak-gerak semangat dan potensi mereka, serta untuk meneruskan nilai-nilai luhur pejuang Indonesia kepada generasi muda. Dengan kegiatan yang serba aktif dan penuh energi, setiap anak-anak melalui quest yang dirancang untuk sambil mempelajari nilai pantang menyerah, berani, jujur, dan cinta tanah air. Mereka pun didorong untuk menyelesaikan setiap tantangan secara kerja sama dan kompak dengan teman-temannya, sekalipun bukan dari kelas yang sama. Dengan permainan khas anak-anak, tiap pos permainan mempunyai bentuknya sendiri. Mulai dari membangun menara dari sedotan untuk ditancapkan bendera Indonesia, mencari jejak berani, menyanyikan lagu nasional bersahut-sahutan, meneruskan pesan, sampai kreasi melipat secara berkelompok. Keseruan ini bisa kita ikuti dari warna-warni foto yang ada di sni.

Seluruh kegiatan ini dirancang bersama-sama oleh karyawan Medco Foundation yang hari itu khusus menjadi relawan di SDN 005 Cilandak Timur. Kegiatan Tebar Inspirasi pun menghiasi sekolah dengan aktivitas yang seru sambil seluruh sekolah menikmati bacaan edukatif dari Gerai Pustaka. Inilah yang menjadi sisi unik Tebar Inspirasi di sekolah; menciptakan suasana belajar dan membaca yang menyenangkan. Kegiatan variatif pun dirancang untuk semakin menarik minat siswa untuk dekat dengan buku dan memupuk antusias “belajar kapan saja dan di mana saja”. Ya, apapun akan terus kita lakukan untuk mendukung anak-anak Indonesia. Mendukung derap langkah pahlawan-pahlawan masa kini Indonesia*** (Say Shio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.