Pelatihan Budidaya Merica

Terletak di tanah berbukit yang subur, masyarakat Desa Mekarjaya memanfaatkan potensi  alam desanya untuk budidaya berbagai jenis tanaman. Selain tanaman bahan pokok seperti padi, mereka juga sedang mengembangkan budidaya tanaman merica atau lada.  Untuk membantu agar budidaya tanaman merica ini bisa lebih optimal, Medco Foundation mengadakan pelatihan budidaya merica  bagi warga Mekarjaya.

Kegiatan pelatihan budidaya merica dilaksanakan pada 10 Oktober 2015. Selain masyarakat petani  Desa Mekarjaya, peserta kegiatan yang lain adalah aparat pemerintah desa serta pelajar sekolah menangah kejuruan. Dengan berbagai latar belakang peserta pelatihan ini, diharapkan pemahaman mengenai budidaya tanaman merica bisa lebih berkembang bagi warga. Mereka bisa saling berbagi informasi dan pengetahuan mengenai tanaman merica.

Untuk menyelenggarakan kegiatan ini, Medco Foundation menggandeng tim pemateri dari Institut Pertanian Bogor. Berbagai materi dan praktek disampaikan dalam pelatihan ini, seperti pengenalan tanaman merica, habitat hidup, pembibitan dengan proses penyetekkan, pindah tanam, hingga perawatan.

Budidaya tanaman merica sebenarnya sudah dilakukan di Desa Mekarjaya sejak 2004. Dari penuturan Kepala Desa Mekarjaya, Abah Koko, orang yang pertama kali membudidayakan tanaman merica atau lada di desanya adalah Abah Anom. Saat itu, Abah Anom mendapat bantuan sebesar lima puluh ribu rupiah dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (ketika itu masih sebagai wakil bupati). Bantuan uang tersebut kemudian digunakan untuk membudidayakan tanaman merica yang ternyata berhasil. “Karena berhasil, bisa mendatangkan uang, warga desa yang lain pun tertarik untuk membudidayakan tanaman ini,” kata Abah Koko.

Meski pada saat ini budidaya tanaman merica di Mekarjaya sudah dilakukan banyak warga, tapi hasilnya belum optimal. Teknik produksi termasuk pemanenan hingga pengeringan masih dikerjakan secara tradisional.  Menurut Abah Koko, warga desanya membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti ini agar produk tanaman merica asal Desa Mekarjaya bisa semakin berkembang dan memberi dampak poisitif bagi ekonomi warga.

Selain menyelenggarakan kegiatan pelatihan budidaya merica, pada hari yang sama Medco Foundation bekerja sama dengan Medco Agro juga menyelenggarakan kegiatan pengenalan cinta lingkungan untuk anak-anak sekolah dasar di Desa Mekarjaya. Kegiatan yang merupakan bagian dari kegiatan Tali Asuh — yaitu program untuk anak-anak asuh Medco Foundation  di Desa Mekarjaya –ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran akan cinta lingkungan bagi anak usia sekolah. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.