Peningkatan Mutu Pendidikan di Seruyan

Medco Foundation memulai program peningkatan mutu pendidikan di Kecamatan Seruyan Tengah, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Bekerja sama dengan Medco Agro –melalui  anak perusahaannya PT Ciptatani Kumai Sejahtera –  program ini membidik peningkatan kapasitas dan kompetensi guru-guru sekolah dasar di wilayah tersebut.

Seruyan Tengah –dulu sering disebut daerah Sukamandang— berada di wilayah transmigran yang dikelilingi area perkebunan kelapa sawit. Infrastruktur di wilayah ini, terutama di bidang pendidikan, bisa dikatakan masih tertinggal. Bangunan dan lantai sekolah-sekolah terbuat dari kayu. Alat dan media pembelajaran terbatas ketersediaannya. Para guru, sebagai motor utama pendidikan, juga tidak mendapat pelatihan-pelatihan yang memadai, untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam mengajar.

Medco Foundation –bersama dengan Medco Agro– mendesain sebuah program peningkatan mutu pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi di wilayah tersebut.  Untuk mengembangkan kemampuan para guru sekolah dasar di Seruyan Tengah, berbagai kegiatan dalam program ini akan diorientasikan pada pengembangan soft skill dan kompetensi pembelajaran.

Program ini akan dilakukan secara berkesinambungan  selama  tahun 2015-2016. Hal ini agar sasaran-sararan yang diinginkan, yaitu peningkatan kapasitas dan kompetensi para guru sekolah dasar di sana, bisa dicapai. Fasilitator dari berbagai kalangan, yang mempunyai keahlian dalam bidang pendidikan, akan turut serta mendukung program ini.

Pemerintah setempat, dalam hal ini Dinas Pendidikan , Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Seruyan, juga dilibatkan. Kesepakatan bersama dengan pemerintah daerah untuk pelaksanaan program ini ditandatangani pada 27 Januari 2015.

Pemerintah Kabupaten Seruyan memang meyambut positif program ini. Bupati Seruyan, Sudarsono S.H, mengatakan bahwa di tengah keterbatasan dana pemerintah yang minim, program ini sangat membantu pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Seruyan — -yang merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kota Waringin Barat dan Kabupaten Kota Waringin Timur.  “Program peningkatan mutu pendidikan yang dicanangkan ini sangat bermanfaat. Program ini bisa menjadi pelopor kegiatan corporate social responbility, khususnya di bidang pendidikan, di Seruyan ini,” katanya.

Selain kegiatan pengembangan kapasitas dan kompetensi tenaga pendidik, program peningkatan mutu pendidikan di Seruyan Tengah juga akan dilakukan dalam bentuk penyediaan akses baca bagi siswa dan masyarakat.  Bentuknya adalah distribusi majalah dinding di sekolah-sekolah dan penyediaan perpusatakaan bergerak bernama “Gerai Pusatka Keliling” yang ditujukan untuk masyarakat.  Kegiatan penyediaan akses baca ini diharapkan akan membantu meningkatkan minat baca siswa dan masyarakat,  yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu pendidikan masyarakat di Seruyan Tengah.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.