Perkuat Literasi di Merauke, Medco Foundation Salurkan 4.215 Buku

Untuk memperkuat geliat literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat, Medco Foundation melalui “Nusa Buku” menyalurkan 4.215 buku untuk sejumlah perpustakaan kampus, sekolah, keuskupan, dan taman bacaan masyarakat (TBM) di Merauke. Penyerahan ribuan buku ini dilakukan Kamis (12/7), di Universitas Musamus dan SMKN 3 Merauke.

4.125 buku, yang digalang Medco Foundation dengan dukungan Books for Asia oleh The Asia Foundation, disalurkan ke perpustakaan di Universitas Musamus Merauke, Politeknik Yasanto, dan Akademi Keperawatan Merauke. Untuk sekolah, buku disalurkan ke perpustakaan SMKN 3 Merauke, SMKN 1 Kumbe, SMKN 1 Jagebob, SMKN 1 Tanah Miring, SMK Santo Antonius, SMK Kesehatan Yaleka, dan SD Inpres Wapeko.

Taman bacaan masyarakat (TBM) dan komunitas juga mendapat donasi buku ini, di antaranya Taman Baca Katedral St. Fransiskus Xaverius, Taman Baca Sesawi Keuskupan Agung Merauke, Perpustakaan Sang Surya, TBM Kampung Zanegi, TBM Rumah Pintar Sota Merauke, dan Kelompok Scooter Club (KSC).

“Kami sangat bahagia, akhirnya buku-buku ini bisa sampai di tangan warga Merauke. Kami berharap buku-buku ini menjadi solusi bagi upaya penguatan literasi masyarakat Merauke, terutama dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anak-anak usia sekolah,” ujar Rendra Permana, Head of Program Medco Foundation, Kamis (12/7).

Penyerahan 4.251 buku ini menutup fase pertama Program Nusa Buku yang dimulai Oktober 2017 lalu. Selain Merauke, donasi dari Nusa Buku Medco Foundation juga telah sampai di Asmat serta sejumlah daerah lain di Indonesia. Distribusi hingga ke pelosok-pelosok Nusantara ini didukung PT. Pos Indonesia dan mitra lain dalam gerakan literasi Indonesia.   

“Sebelum Merauke, Nusa Buku juga sudah menyentuh Bireuen dan Aceh Timur (Aceh), Padang (Sumatera Barat), Anambas (Kepulauan Natuna), Serang (Banteng), Bantul (Yogyakarta), Pasuruan (Jawa Timur), Seruyan (Kalimantan Tengah), Luwuk (Sulawesi Tengah), Sumbawa (Nusa Tenggara Barat),” sebut Rendra.

Direktur Utama Medco Papua Group, Budi Basuki, menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak yang ikut menyukseskan Nusa Buku hingga program tersebut sampai di Merauke. “Terima kasih untuk para pihak yang mendukung program ini, terutama para donatur yang menyumbang buku. Semoga Nusa Buku ini terus berlanjut dan memberi manfaat lebih luas bagi gerakan literasi di Indonesia,” ujar Budi Basuki usai penyerahan buku di Merauke.

Kepala SMK Negeri 3 Merauke, Marthen Rummar, usai menerima donasi buku itu menyampaikan terima kasih kepada Medco Foundation. “Saya berharap Program Nusa Buku ini akan mendorong lahirnya generasi yang cerdas, terampil, dan berbudaya literasi,” ujar Marthen. [REL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.