Pustaka Ilmu 3: “Jaga Bumi Kita”

Kegiatan Pustaka Ilmu kembali diadakan Medco Foundation. Bertempat di halaman SD 03 Sukasari, Desa Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Pustaka Ilmu kali ini mengambil tema “Jaga Bumi Kita”. Ratusan pelajar dari SD 03 Sukasari, Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Athfal Sukasari, dan SMP Terpadu Sukasari sangat antusisas mengikuti kegiatan ini pada Jumat, 18 April 2014.

Pustaka Ilmu adalah kegiatan edukatif untuk para anak asuh di bawah Program Tali Asuh yang dikelola Medco Foundation bekerja sama dengan Kementrian Sosial RI. Anggia Tungga Dewi, Koordinator Program Tali Asuh Medco Foundation, menyatakan tujuan kegiatan Pustaka Ilmu kali ini adalah untuk menanamkan kedisiplinan kepada para anak asuh agar selalu menjaga lingkungan dan bumi tempat kita tinggal. “Kita ingin membagi pengetahuan kepada anak-anak asuh agar mereka punya kebiasaan yang baik, yaitu membuang sampah di tempat sampah. Tidak sembarangan membuang sampah. Kita juga ingin mereka mengenal pentingnya menjaga lingkungan dan bumi tempat kita tinggal,” kata Anggi.

Materi yang diberikan dalam Pustaka Ilmu “Menjaga Bumi Kita’ kali ini antara lain mengenal jenis-jenis sampah, cara membuang sampah, dan cara mencuci tangan dengan sabun dengan cara yang benar. Ratusan anak-anak dibagi dalam enam kelompok yang difasilitasi para volunteer dari Medco Agro (PT Api Metra Palma). Di masing-masing kelompok, anak-anak diajak bermain dan belajar mengenal sampah organik dan sampah anorganik. Selanjutnya, dalam kelompok besar, anak-anak diajari cara membersihkan tangan dengan sabun. Kegiatan dalam kelompok besar ini dipandu oleh volunteer dari Institute For Civil Society Development (ICSD) yang merupakan mitra dari Unilever.

Untuk lebih menanamkan nilai mengenai pentingnya menjaga bumi, para siswa kemudian menuliskan Janji Lingkungan di sepotong kertas berbentuk telapak tangan. Kertas-kertas aneka warna ini kemudian ditempelkan di sebuah papan yang telah disediakan di halaman sekolah. Tak lupa, para siswa secara bersama-sama juga mengucapkan Janji Lingkungan, yang berisi:
1. Kami anak Indonesia berjanji, menjaga kebersihan lingkungan di mana pun kami berada.
2. Kami anak Indonesia berjanji, merawat tanaman di mana pun kami berada.
3. Kami anak Indonesia berjanji, mengajak semua orang untuk bersama-sama mempertahankan kelestarian lingkungan.

Di akhir acara, Medco Foundation memberi bantuan peralatan kebersihan kepada pihak sekolah yang diwakili oleh SD 03 Sukasari. Melalui pemberian bantuan berupa beberapa tempat sampah organik dan anorganik, serokan, juga berbagai macam sapu, diharapkan kebiasaan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah bisa terus dijaga.

Dalam kegiatan Pustaka Ilmu kali ini, Medco Foundation melibatkan beberapa pihak yang membantu terselenggaranya acara ini. Mereka di antaranya adalah Kementrian Sosial Republik Indonesia, Medco Agro, ICSD, dan para pekerja sosial dari Kota Jakarta dan Kabupaten Purwakarta. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.