Tali Asuh di Timur Indonesia

SETELAH tahun-tahun sebelumnya sukses dilaksanakan di Jawa Barat, program Tali Asuh yang menjadi khas Medco Foundation dalam penguatan pendidikan anak merambah wilayah timur Indonesia. 15 Februari lalu, Tali Asuh menyapa SD Negeri Wapeko, Distrik Kurik, Merauke.

Tali asuh adalah program penguatan pendidikan dan pendampingan tumbuh kembang anak dengan sasaran peserta didik berusia enam sampai 12 tahun. Program ini dilaksanakan Medco Foundation sejak tahun 2014.

Tema kegiatan Tali Asuh di Wapeko yakni “Bermain dan Membaca Bersama”, dengan orientasi pada peningkatan minat dan motivasi murid di SDN Wapeko. Kegiatan ini difasilitasi Medco Foundation, Medco Papua Group, dan dibantu mahasiswa Universitas Musamus Merauke.

“Hasil assesment yang dilakukan Medco Foundation menunjukkan minat dan kemampuan baca murid di sekolah itu sangat rendah. Karena itu kita mengajak mereka untuk bermain sambil membaca, membuat membaca menjadi kegiatan yang menyenangkan,” kata Rizky Ali Akbar, Koordinator Pemberdayaan Sosial di Medco Foundation.

Tali Asuh  di SD Negeri Wapeko diikuti 42 anak. Kegiatan utama yang dilakukan di antaranya story telling (membacakan cerita) fabel tentang binatang pemalas dan rajin. Dari cerita itu diharapkan anak-anak akan tertarik untuk lebih rajin membaca. Sebelum membaca, mereka terlebih dahulu diajak bermain untuk mencairkan suasana. Anak-anak senang dengan metode belajar ini.

“Selain belajar dan bermain, kami juga memberikan makanan tambahan kepada anak-anak berupa roti, biskuit dan susu. Saat menutup kegiatan, perwakilan Medco Group kemudian menyerahkan bantuan 400 buah buku cerita anak kepada SD Negeri Wapeko,” ujar Rizky. [INS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.