Tebar Inspirasi di Desa Wukirsari

Senin, 16 November 2015

Semenjak didirikan pada 2012, Perpustakaan Desa Wukirsari di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta telah menjadi salah satu tempat beraktifitas bagi sejumlah anggota masyarakat di desa tersebut. Anak-anak sekolah hingga orang tua memanfaatkan perpustakaan untuk menggali berbagai pengetahuan tambahan. Mereka biasa membaca atau meminjam berbagai buku di perpustakaan yang diinisiasi oleh Medco Foundation dan Bank Mandiri itu.

Untuk semakin mengenalkan dan mendekatkan perpustakaan kepada warga, Medco Foundation mengadakan kegiatan Tebar Inspirasi untuk anak-anak sekolah dan orang tua pada awal November lalu.  Kegiatan tersebut antara lain berisi belajar kreatif, eksperimen sain, storytelling, juga acara sharing knowledge.

Link video Tebar Inspirasi di Desa Wukirsari:

Acara belajar kreatif diadakan untuk anak-anak Sekolah Dasar warga Desa Wukirsari dan sekitarnya. Sore hari sepulang sekolah mereka berkumpul di perpustakaan. Di sana mereka belajar aneka pengetahuan serta melakukan kegiatan eksperimen sains.

Anak-anak taman kanak-kanak dari TK Al Fatar Imogiri beserta orang tuanya juga diajak ke perpustakaan. Anak-anak TK dikenalkan dengan perpustakaan beserta buku-bukunya. Mereka melakukan kegiatan membaca bersama. Kegiatan story telling untuk anak-anak TK juga diadakan.

Untuk para orang tua, kegiatan yang diadakan adalah knowledge sharing. Temanya adalah manfaat membacakan buku untuk anak. Sebagai narasumber dalam sessi tersebut adalah Heni Wardaturrohah, pengelola Taman Baca Mata Aksara yang selama ini menjalin kemitraan dengan Medco Foundation dan Perpustakaan Desa Wukirsari.

ti-02

Dalam sesi knowledge sharing tersebut dijelaskan bahwa  membacakan buku untuk anak ada banyak manfaatnya. “Antara lain untuk menambah kosa kata anak, menumbuhkan minat baca, juga membangun hubungan erat orang tua dan anak,” kata Heni.

Selain itu, membacakan buku untuk anak juga bermanfaat untuk mengembangkan imajinasi dan kreatifitas anak, melatih berpikir logis, juga menambah ketrampilan berkomunikasi. Oleh karena itu, Heni mengungkapkan para orang tua harus bisa menyediakan waktu untuk membaca buku bersama anak mereka. “Jangan sampai anak hanya bermain gadget saja, membaca buku bersama sangat penting bagi pertumbuhan mereka,” jelasnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.