Medco Foundation didirikan oleh Bapak Arifin Panigoro berdasarkan atas keinginan beliau untuk saling berbagi dan memberi kontribusi pada kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik. Sejarah Medco Foundation dimulai pada 2003. Saat itu, Medco Foundation masih bernama Yayasan Pendidikan Medco, yang berfokus pada bidang pendidikan dengan mengelola sekolah-sekolah di sekitar Jakarta. Sejak 2007, Yayasan Pendidikan Medco berganti nama menjadi Medco Foundation, yang menandai semakin berkembangnya kegiatan-kegiatan yang kami lakukan.

about

Tidak hanya peduli pada bidang pendidikan, Medco Foundation juga peduli terhadap isu-isu di bidang pemberdayaan ekonomi, sosial, kesehatan, dan lingkungan. Saat ini kami mengelola program-program seperti Edukasi dan Literasi, Tali Asuh, dan GreenPOTS. Kegiatan-kegiatan inisiatif seperti post disaster management, eksplorasi bambu Flores, kampanye bioenergy, dan bantuan sosial lain juga kami kerjakan.

Sebagai yayasan, orientasi kami tidak diarahkan pada bisnis, melainkan non-profit, yang dapat menjadi alternatif di antara lembaga sosial lain yang bergerak untuk perbaikan kehidupan masyarakat luas. Sejak awal berdiri, Medco Foundation terus berusaha memperluas dan melalukan inovasi dalam melaksanakan program-program community development di berbagai daerah dengan agenda yang terarah, tepat sasaran, dan tidak diskriminatif.

Semua kegiatan kami lakukan dengan terlebih dahulu melakukan research dan perencanaan yang matang agar dapat mengetahui kebutuhan dan potensi yang ada pada masyarakat. Dengan research dan perencanaan matang kami berharap bantuan yang diberikan bisa tepat guna dan dibutuhkan buat masyarakat. Dalam hal ini yang coba kami lakukan adalah memperkuat dan memberdayakan potensi masyarakat agar mereka dapat mandiri secara berkelanjutan. Menyediakan pancing lebih baik daripada sekedar menyediakan ikan, memberikan potensi lebih baik ketimbang hanya sekedar memberikan materi bantuan.

Tentu saja, dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan, kami mengutamakan kerjasama dan dukungan dari setiap pihak yang terkait, meliputi tim kerja, perusahaan, pemerintah hingga masyarakat dengan sikap saling memiliki dan sikap penuh tanggung jawab. Dengan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, kami berharap kegiatan-kegiatan yang kami lakukan dapat senantiasa memberi manfaat luas bagi masyarakat.

Visi & Misi

VISI
Menumbuhkan semangat kemandirian masyarakat Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan, bantuan kesehatan, pengembangan berbagai usaha produktif, dan pelestarian lingkungan hidup

MISI

  • Menjadi mitra strategis dalam mengembangkan program tanggung jawab sosial korporasi di lingkup Medco Group dan korporasi pada umumnya;
  • Mendukung pengembangan usaha produktif berbasis usaha kecil dan menengah di masyarakat;
  • Menyelenggarakan program peningkatan kualitas pendidikan masyarakat, kesehatan, dan kelestarian lingkungan hidup;
  • Mengembangkan diri sebagai institusi yang memiliki dan menerapkan standar tata kelola korporasi yang tinggi

Nilai – Nilai Organisasi

Inovasi (Innovation)
Mendukung kegiatan penelitian dan pengembangan gagasan-gagasan baru di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan sosial ekonomi yang mendukung terwujudnya kemandirian masyarakat.

Lingkungan Belajar (Learning Environment)
Menumbuhkan kemauan untuk selalu mempelajari dan menghargai berbagai pengetahuan baru yang menunjang pengembangan kegiatan-kegiatan organisasi dalam mencapai misinya.

Pemacu Kinerja (Performance Driven)
Memberi penghargaan kepada individu dan organisasi yang selalu terpacu meningkatkan kinerja dan mengukir prestasi dalam upaya membentuk kepribadian tangguh dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Berkesinambungan (Sustainability)
Mendorong tumbuhnya semangat kemandirian masyarakat dalam memelihara kesinambungan suatu kegiatan atau program kerja yang dapat meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat.

Tata Kelola Korporasi (Good Corporate Governance)
Mengembangkan dan menerapkan standar tata kelola korporasi yang tinggi dalam mengelola kegiatan-kegiatan organisasi dan mengembangkan berbagai proggram kerja.

Keterlibatan Para Pemangku Kepentingan (Stakeholder’s Engagement)
Melibatkan para pemangku kepentingan dalam pengembangan dan pelaksanaan aneka kegiatan organisasi sebagai wujud kepedulian nyata untuk memajukan bangsa.

Tujuan Strategis (Strategic Intent)
Memberi perhatian dan dukungan pada pengembangan program kerja yang memiliki dampak jangka panjang dan strategis bagi pencapaian visi organisasi dalam memberikan sumbangan terhadap bangsa dan negara.

organisasi_medco_foundation

strategi_medco_foundation

etika

proses