Vaksinasi Booster di Gedung Medco

Vaksinasi Booster di Gedung Medco

Pandemi Covid-19 belum berakhir. Setelah berbulan-bulan sempat mengalami penurunan, pada pertengahan Januari 2022, kasus Covid-19 di Indonesia kembali menunjukkan tren peningkatan. Salah satu penyebabnya adalah berkembangnya varian Omicron.

Kenaikkan kasus Covid-19 memunculkan kekhawatiran akan adanya lonjakan kasus dalam jumlah besar, seperti yang pernah terjadi pada pertengahan 2021. Saat itu, kasus harian Covid-19 di Indonesia mencapai puluhan ribu per hari, dengan rekor tertinggi terjadi pada pertengahan Juli 2021 yang mencapai angka 56 ribu kasus harian. Imbas yang terjadi saat itu adalah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain kewalahan menangani para pasien.

Sebagai salah satu upaya mencegah kejadian serupa terulang, pemerintah Indonesia mulai menjalankan program vaksinasi ketiga untuk masyarakat umum pada Januari 2022. Vaksinasi ketiga ini sering disebut juga sebagai vaksinasi penguat atau booster. Sama seperti beberapa program vaksinasi sebelumnya, pemerintah mengajak berbagai pihak sebagai kolaborator.

Medco Group, sebagai salah satu kelompok usaha yang mempunyai komitmen besar membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, mengambil inisiatif untuk menjadi kolaborator dalam program vaksinasi booster yang sedang digalakkan. Melalui kolaborasi dengan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan dan Puskesmas Pasar Minggu kegiatan vaksinasi booster dilangsungkan di Gedung Medco, Jakarta Selatan. “Kita mulai kegiatan vaksinasinya dari tanggal 20 sampai 24 Januari 2022, dari jam 08.00 sampai jam 14:00 dengan dukungan dari Puskesmas Pasar Minggu” kata Pujitriasih Prabandari, yang mewakili panitia, dalam pernyataannya sebagaimana ditayangkan Metro TV.

Selama lima hari pelaksanaan sekitar 3.500 orang peserta menerima suntikan vaksinasi booster. Para peserta adalah yang telah dua kali mendapatkan suntikan vaksin dengan jarak vaksinasi terakhir adalah enam bulan serta telah memperoleh tiket di aplikasi PeduliLindungi. Sebagian di antara para peserta adalah para warga lanjut usia yang mendapatkan dosis pertama dan kedua pada awal tahun lalu.

Kegiatan vaksinasi booster yang dijalankan Medco Group pada awal 2022 ini merupakan kelanjutan dari kegiatan vaksinasi selanjutnya. Pada tahun 2021, Medco Group telah menyelenggarakan kegiatan vaksinasi untuk lanjut usia, usia 18 tahun ke atas, dan vaksinasi untuk remaja 12-17 tahun dengan jumlah dosis mencapai 16.383 atau sekitar 8.419 peserta.***

Leave a Comment