Rentak Harmoni, Sinergi untuk Berkarya dan Berbagi

Gerakan kerelawanan telah menjadi salah satu gaya hidup baru di beberapa kota besar di Indonesia.  Ribuan warga — tua dan muda — ambil bagian dalam bermacam gerakan seperti ini. Inisiatif dari masyarakat terus bermunculan. Ratusan komunitas lahir untuk menjawab tantangan sosial yang ada di sekitar mereka. Isu yang diangkat pun bervariasi seperti pendidikan, penanggulangan sampah, solusi kemacetan, pemberdayaan usaha kecil, dan lain-lainnya.

Mengawali 2016, Medco Foundation –-sebagai organisasi sosial yang selalu mendorong berbagai usaha untuk menyuburkan gerakan kerelawanan di Indonesia — mendukung gerakan kerelewanan bernama Rentak Harmoni. Ini adalah sebuah gerakan seni untuk berbagi yang diinisiasi oleh alumni Pengajar Muda dan relawan Indonesia Mengajar. Isu yang mereka garap adalah pendidikan. Namun, bentuk kampanye pendidikan yang dilakukan Rentak Harmoni disampaikan melalui drama musikal yang mengangkat realitas akar rumput.

rh4

Sebagai sebuah gerakan kerelawanan, seluruh komponen pendukung pementasan ini, mulai dari komponen di balik layar hingga tim panggung, beranggotakan para relawan. Mereka berasal dari berbagai bidang pekerjaan, mulai dari mahasiswa, Pegawai Negeri Sipil, dokter, pegawai swasta, penulis, akuntan, dan sebagainya.

Pentas akbar pertama Rentak Harmoni dilakukan pada 30 Januari lalu. Bertempat di Grha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, para relawan itu sukses memamerkan aksinya di atas panggung.

Fery Farhati, Dewan Pembina Rentak Harmoni, memberikan apresiasi yang tinggi atas aksi para relawan di pementasan itu. Menurutnya, para relawan telah berhasil menyebarluaskan semangat dan optimisme terhadap perbaikan bangsa ini. “Ada rasa semangat dan optimisme akan masa depan bangsa, saat menemukan generasi muda Indonesia yang memiliki berbagai inisiatif kreatif dengan semangat berbagi,” ungkapnya.

rh2

Dalam pementasan tersebut, hadir pula Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan. Dalam kata sambutan sebelum pementasan dimulai, Anies menyampaikan dukungan dan rasa salut untuk para alumni Pengajar Muda yang mampu menggalang dan mendorong gerakan kerelawanan menjadi lebih luas.

Sebagai suatu gerakan kerelawanan, keberhasilan Rentak Harmoni dalam mementaskan drama musikal di malam itu tak lepas dari semangat para relawan yang terus menyala. Tak hanya itu, mereka juga berhasil karena mampu mengelola sinergi di antara para relawan berbagai usia, mau belajar dari komunitas lainnya, membuka jaringan dengan berbagai perusahaan, hingga melakukan komunikasi dengan para pemangku kepentingan. Sinergi inilah yang akhirnya menghasilkan karya yang mereka persembahkan untuk masyarakat. (Say Shio/Foto oleh NRP @nadpurdayinta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.