Medco Dukung Pemprov Jabar Operasikan Rumah Singgah Isolasi Mandiri Pasien Covid-19 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kesehatan Kota Bandung, mengoperasikan Rumah Singgah Isolasi Mandiri (RSIM) untuk pasien Covid-19. Dengan dukungan dari Medco Group, fasilitas ini mulai beroperasi sejak akhir Desember lalu di Kota Bandung. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani Gelung Sakti, mengatakan fasilitas ini diperuntukkan untuk para pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa gejala. “Pasien Covid-19 semakin meningkat akhir-akhir ini, jadi kita perlu membantu menyediakan suatu lokasi isolasi untuk mereka yang positif Covid-19 tapi tidak punya tempat isolasi mandiri. Supaya tidak semakin menyebar ke anggota keluarga yang lain,” katanya saat peresmian RSIM di Bandung beberapa waktu lalu.

Hingga minggu ketiga Januari 2021, Jawa Barat menjadi salah satu provinsi dengan jumlah kasus baru Covid-19 terbanyak kedua setelah DKI Jakarta. Sekitar 2.000 an penderita Covid-19 bertambah setiap harinya. Wilayah sekitar Bandung Raya menjadi salah satu lokasi dengan jumlah pasien terbanyak. Karena itu, sejak beberapa waktu lalu Pemprov Jawa Barat terus mengupayakan adanya fasilitas RSIM di berbagai titik di Jawa Barat. Fasilitas RSIM di Bandung yang didukung Medco ini merupakan satu di antara beberapa RSIM yang dioperasikan Pemprov Jawa Barat. 

RSIM di Kota Bandung ini merupakan fasilitas untuk pasien Covid-19 dengan kapasitas 70 kamar. Pasien terpapar Covid-19 menjalani masa isolasi mandiri di RSIM ini selama sekitar empat belas hari. Selain fasilitas makanan dan pemantauan kesehatan, fasilitas penunjang lain adalah lokasi untuk berjemur dan berolahraga. Untuk mengoperasikan fasilitas RSIM ini, Dinas Kesehatan Kota Bandung mengerahkan dua belas tenaga kesehatan yaitu dokter, analis, dan perawat. Dinas terkait juga berwenang dalam mendata dan mendaftarkan para pasien ke fasilitas isolasi mandiri.   

Ratusan pasien Covid-19 sudah memanfaatkan fasilitas RSIM ini hingga akhir Januari 2021. Dini N, salah seorang warga Jawa Barat yang pernah terpapar Covid-19 dan pernah menjalani isolasi di RSIM, mengungkapkan bahwa fasilitas RSIM ini sangat membantunya dalam menjalani pemulihan dari Covid-19. “Saya sangat terbantu, apalagi karena saya tinggal dengan orang tua yang sudah lanjut usia dan dikhawatirkan bisa menular. Selama menjalankan masa isolasi saya betul-betul diawasi oleh dokter dan perawat, mulai dari pengecekan suhu dan pengukuran tensi. Obat yang diberikan sesuai dengan gejala yang timbul serta penangannyapun cepat,” kata Dini yang juga seorang guru Sekolah Menengah Pertama itu.

Head of Program Medco Foundation, Rendra Permana, mengatakan dukungan Medco untuk menjalankan RSIM ini berupa bantuan pendanaan. Ia juga mengungkapkan bahwa fasilitas RSIM ini merupakan bagian komitmen Medco Group untuk membantu pemerintah dalam mengatasi wabah Covid-19. “Sebelumnya secara simbolik, November 2020 lalu, kami sudah menyerahkan donasi ini kepada Gugus Tugas Percepatan Penanggulan Covid-19 Jawa Barat di hadapan Bapak Gubernur Jawa Barat. Jadi ini bentuknya donasi untuk mendukung operasional fasilitas RSIM,” katanya. [INS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.