Prakerin Pertama SMK Pertanian di Merauke Telah Rampung

MERAUKE – Tahap pertama praktek kerja industri Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pertanian berbasis industri di Merauke yang dilaksanakan Medco Foundation, kementerian pendidikan dan pemerintah daerah setempat telah rampung. Penutupan program ini diikuti pelaksanaan “Expose Unjuk Kerja Siswa SMK Berbasis Industri Keunggulan Wilayah”, pada pertengahan Desember 2017.

Penutupan Prakerin tahap pertama ini dilaksanakan di dua lokasi kegiatan Medco Papua. Di Camp Site Wapeko (PT. Parama Pangan Papua), Prakerin ditutup yakni untuk jurusan Agrikultur Tanaman Pangan dan Holtikultura, Jurusan Kendaraan Ringan, dan Jurusan Elektro. Di lokasi ini ada 48 siswa menyelesaikan praktek kerja, yang berasal dari SMKN 1 Tanah Miring, SMKN 1 Kumbe, SMKN 1 Jagebob, dan SMK Santo Antonius.

Manajer Agrikultur Medco Papua, Suyana, di sela penutupan Prakerin mengatakan pihaknya berharap praktek kerja yang telah diikuti para pelajar tersebut dapat memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat.

“Segala materi, pelajaran, dan praktik yang sudah didapat selama Prakerin di perusahaan harapannya membawa manfaat bagi siswa di masa depan, dan dapat dikembangkan lebih baik. Selain itu, harapan dari para pembimbing di perusahaan bahwa siswa di masa depan tidak hanya menjadi karyawan, tapi juga menjadi petani berkemampuan wirausaha atau entrepreunership,” ujarnya.

Penutupan Prakerin juga dilakukan di Camp Site Tamulik (PT. Selaras Inti Semesta). Di lokasi ini, Prakerin ditutup untuk Jurusan Konservasi Kehutanan dan Administrasi Perkantoran, yang diikuti 10 siswa dari SMKN 1 Tanah Miring.

Selama Prakerin, selain melaksanakan praktek kerja di lahan dan perusahaan serta pendalaman materi, para siswa SMK juga bertanam sayuran yang hasil panennya untuk memenuhi kebutuhan dapur asrama juga untuk mensuplai kebutuhan konsumsi pekerja perusahaan. Jenis atau komoditas sayur yang ditanam para siswa di antaranya terong, kacang panjang, paria, buncis, kangkung, tomat, cabe rawit, cabe teropong, ketimun.

Pada November lalu siswa SMK Kimam yang sedang melaksanakan Prakerin di SMKN 1 Kumbe juga mengadakan kunjungan belajar di lokasi kerja Medco Papua di Wapeko, dan bergabung selama dua pekan bersama peserta Prakerin yang lain.

Setelah penutupan itu, kegiatan dilanjutkan dengan “Expose Unjuk Kerja Siswa Program Pengembangan SMK Berbasis Industri Keunggulan Wilayah, dengan melibatkan SMKN 1 Kumbe, SMKN 1 Tanah Miring, SMKN 1 Jagebob, dan SMK Santo Antonius. Kegiatan dilaksanakan pada 18 Desember 2017 di SMKN 1 Kumbe dan diselenggarakan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK, Dinas Pendidikan, Medco Papua dan Medco Foundation. [INS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.